Tuesday, July 10, 2012

Kelebihan Renang Dibanding Olahraga Lain

Renang termasuk salah satu jenis olahraga yang tentunya sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Dengan medium air, renang memiliki manfaat dan kelebihan yang tidak dimiliki olahraga lain terutama yang dilakukan di darat. Apasaja manfaat dan kelebihannya, mari kita simak.


Ketika kita bergerak atau berolahraga di dalam air, beberapa sifat fisik air sangat menguntungkan kita untuk melakukan olahraga. Air memberikan hambatan terhadap gerakan kita di dalam air sehingga gerakan kita menjadi lebih halus. Hal ini dapat mengurangi pembebanan gerakan terhadap sendi sehingga resiko cedera sendi dapat diminimalkan. Dengan demikian kita bisa melakukan aktivitas fisik lebih lama. Tidak seperti kebanyakan olahraga di darat yang memberikan dampak serius terhadap sendi ketika bergerak, misalnya lari, melompat, dll. Karena itu renang juga merupakan olahraga yang sangat cocok untuk orang yang lanjut usia.

Hambatan air juga memberikan keuntungan yaitu sangat baik untuk melatih otot, karena dengan adanya hambatan tersebut gerakan kita menjadi lebih berat. Jadi hambatan air dapat berfungsi seperti latihan beban untuk otot dan dapat digunakan untuk melatih hampir seluruh bagian otot tubuh.

Saat melakukan olahraga, tubuh kita akan menjadi panas. Tetapi saat berenang, air dapat mendinginkan tubuh kita sehingga tubuh tetap nyaman dan tidak terjadi overheat. Kemampuan air untuk mengapungkan tubuh kita juga memberikan sensasi tersendiri yang tentunya tidak bisa didapat dengan melakukan olahraga di darat.

Olahraga renang cukup bagus digunakan sebagai latihan pernapasan, meningkatkan denyut jantung, dan melatih kebugaran. Saat berenang kita akan menggerakkan kaki dan tangan. Itu berarti kita telah melatih tubuh bagian atas dan bawah secara bersamaan. Renang sangat cocok untuk melatih kekuatan otot, endurance, dan cardio-vascular (meningkatkan power, stamina, dan melatih kestabilan nafas bagi olahragawan).

Beberapa manfaat lain dari renang adalah:

-  menjaga tekanan darah dan kolesterol tubuh pada level normal
-  sangat bagus untuk merunkan berat badan
-  bagus untuk terapi wanita hamil, sakit punggung atau artritis
-  membantu penyembuhan pasien setelah operasi
-  mengurangi resiko serangan jantung, stroke, dan diabetes

Selain sebagai olahraga, renang juga bisa dijadikan aktivitas untuk rekreasi, menyegarkan pikiran, sarana kegiatan berkumpul keluarga, teman, kolega.

Demikian banyak manfaat renang, Nabi Muhammad saw. pun menganjurkan untuk mengajari anak-anak kita  berenang, seperti dalam kutipan hadits, "Ajari putera-puteramu berenang, dan memanah" (HR. Ath Thahawi).

Referensi:
-  http://www.livestrong.com/article/483119-advantages-disadvantages-of-swimming
-  http://www.carryfitness.com/benefits-of-swimming

1 comment:

Harmawan said...

bagus2, tambah lagi infonya ya